8 Tips untuk Tetap Semangat Jalani Hari | Saridon

Hidup Sehat

8 Tips untuk Tetap Semangat Jalani Hari

Kiat hidup sehat untuk tetap semangat meraih yang terbaik setiap hari

pria memegang botol air minum sambil menatap seorang wanita

Memiliki hobi baru adalah cara terbaik untuk Semangat Jalani Hari

1. REHAT SEJENAK

Suasana hati yang baik dimulai dari diri sendiri. Meski saat pekerjaan terasa terlalu banyak dan kesibukan terasa tidak ada hentinya, ada baiknya untuk menyisihkan waktu bahkan cukup hanya 10 menit setiap hari untuk kembali fokus dan bersantai. Berhenti sejenak untuk menghubungi keluarga atau si Kecil dapat memberikan perasaan damai. Temukan cara yang cocok dengan kamu. Pastikan untuk selalu menyisihkan waktu untuk rehat sejenak ketika kamu merasa kelelahan atau gelisah.1

2. POLA MAKAN YANG BAIK

Pola makan sehat dan suasana hati yang baik saling terkait satu sama lain. Perhatikan asupan yang masuk dalam tubuh meski menjalankan pekerjaan yang sangat banyak. Apa yang kamu makan dapat mempengaruhi segala hal mulai dari pencernaan hingga sistem imun.
Beberapa hal yang perlu diingat ketika memperhatikan pola makan untuk membantu kamu tetap bertenaga dan sehat, antara lain:

  • Jenis makanan tertentu seperti ikan, buah, sayur, biji dan kacang-kacangan, serta bawang dapat membantu mengontrol peradangan.1
  • Makanan olahan seringkali tinggi akan gula, garam, dan lemak yang dapat memicu masalah kesehatan berat dan menguras energi.
  • Makanan segar merupakan sumber terbaik vitamin dan mineral penting.
  • Kelas memasak adalah cara menyenangkan untuk mempelajari nutrisi dan teknik dalam mengolah makanan agar mendapat rasa yang lebih beragam. Tonton tutorial daring yang dapat membantu untuk mengisi waktu senggang kamu.

Buatlah catatan harian makanan untuk mencatat apa yang kamu makan dan bagaimana respon tubuhmu. Semakin kamu mengontrol makanan artinya kesehatan dapat lebih terjaga.1

Suasana hati yang baik dimulai dari diri sendiri. Meski saat pekerjaan terasa terlalu banyak dan kesibukan terasa tidak ada hentinya, ada baiknya untuk menyisihkan waktu 'bahkan cukup hanya 10 menit' setiap hari untuk kembali fokus dan bersantai. 

3. MENGELOLA WAKTU TIDUR

Memiliki waktu tidur yang cukup adalah salah satu hal penting untuk pemulihan sakit kepala. Fisik, mental, emosional yang kembali segar akan membuat hari kamu lebih semangat.1

Bantal dapat menjadi salah satu faktor dalam kenyamanan saat tidur. Kamu dapat menyisihkan dana khusus untuk membeli bantal yang nyaman digunakan. Dengan demikian kamu bangun dengan lebih segar tanpa merasa kurang tidur. Jadi, jangan pernah meremehkan fungsi dari bantal.

Apabila kamu masih sulit untuk tertidur, cobalah untuk meredupkan lampu. Hindari menonton TV dan menggunakan smartphone atau gadget lain. Stimulasi dari alat-alat tersebut dapat menyebabkan otak terus bekerja, sehingga kamu makin susah tidur. Lebih baik santai dengan membaca buku, atau hobi lainnya (lihat tip 1). 

4. MELAKUKAN HOBI ATAU KEGIATAN YANG DISUKAI

Menjalankan hobi atau kegiatan favorit merupakan cara yang baik untuk memperkaya hidup. kamu juga dapat mencoba kegiatan yang belum pernah dilakukan, seperti memasak, berkebun, bersepeda, apa pun yang memicu kebahagiaan. Melukis, menggambar bersama anak atau membaca adalah aktivitas ringan yang dapat meningkatkan kreativitas dan memberikan perspektif baru tentang kehidupan. Temukan sesuatu yang baru agar tubuh dan pikiran tetap aktif, mengalihkan diri dari rasa sakit, dan membuat kamu tetap semangat.3

5. BERBAGI CERITA DENGAN ORANG TERDEKAT

Setiap orang memiliki cerita yang dapat dibagikan. Hubungi orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk saling berbagi cerita. Coba untuk kembali mengingat dan menceritakan tentang kebahagiaan, kesedihan, keluarga, teman, dan karir, Mengingat dan menceritakan kembali pengalaman pribadi dapat bersifat sebagai terapi dan menciptakan perspektif baru. Untuk menjadi diri sendiri, kamu harus benar-benar mengenal diri sendiri.

6. DENGARKAN MUSIK

Musik memiliki tempat di sebagian besar momen kehidupan kita. Musik lebih dari sekadar lagu untuk menemani olahraga atau pulang-pergi beraktivitas. Musik telah dikenal memiliki kualitas terapi yang dapat mempengaruhi perasaan. Mengisi setiap kesempatan untuk mendengarkan musik dapat bermanfaat secara mental dan fisik.3 Musik dapat membuat kamu tersenyum, menangis, refleksi diri, mengingat kembali masa lalu, dan tentu saja, menari. Bernyanyi, bermain alat musik, dan menulis lagu adalah cara luar biasa untuk mengenal musik dan mengekspresikan diri.

Entah itu sekadar mendengarkan atau aktif berpartisipasi, jangan ketinggalan untuk selalu menikmati alunan nada dan menjadikan musik sebagai bagian penting dari kamu ditengah kesibukan pekerjaan.

7. TETAP BERGERAK

Bukan rahasia lagi jika olahraga baik untuk kesehatan.

Jalan santai, dan peregangan sederhana dapat membuat tubuh tetap sehat dan semangat. Bahkan dengan 10 menit saja berolahraga ringan setiap hari dapat membuat tubuh melepas endorfin yang dapat membuat perubahan pada suasana hati dan bantu menghilangkan kelelahan.3,4

8. KENALI JENIS SAKIT KEPALAMU!

Untuk mengetahui jenis sakit kepala yang kamu alami, pantau dan perhatikan gejala yang kamu alami. Gunakan beberapa tips ini untuk membantu mengontrol rasa sakit sehingga kamu berada dalam kondisi terbaik:

  • Buat catatan untuk mencatat hari-hari ketika sakit kepala menyerang. Nilai sakit kepala ketika bangun tidur, dan catat pola makan serta aktivitas sehari-hari sebelum kamu tidur. Kelak kamu akan mulai melihat pola dan pemicu tertentu yang nantinya dapat digunakan sebagai catatan mengenai kegiatan apa saja yang harus dihentikan atau ditambah.2,4
  • Jika sakit kepala membuat kamu kesulitan beraktivitas, tentukan tujuan agar dapat kembali melakukannya. Seiring berjalannya waktu, buat tahapan realistis agar kamu dapat melihat perkembangan menuju tujuan utama.
  • Istirahat sejenak jika kamu merasakan sakit kepala. Beristirahat membuat tubuh pulih kembali sekaligus untuk mengembalikan tenaga.3
Referensi :
  1. https://www.everydayhealth.com/headache-migraine/fast-headache-relief.aspx
  2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982
  3. https://www.webmd.com/migraines-headaches/relaxation-techniques
  4. https://www.webmd.com/migraines-headaches/understanding-headache-treatment-medref