Pijatan Untuk Sakit Kepala Saat Berpuasa

Sebenarnya, sakit kepala saat berpuasa wajar terjadi kok, karena kan memang tubuh kita tidak mendapatkan asupan nutrisi selama lebih dari 12 jam dalam sehari. Intensitas sakit kepala ini cukup bervariasi, mulai dari ringan sampai sedang. Untuk meredakannya, kamu bisa mempraktikan langsung pijatan untuk sakit kepala di bawah ini.

Pijatan Untuk Sakit Kepala Saat Berpuasa | Saridon

Daftar Titik Pijatan untuk Sakit Kepala

  1. Union Valley
    Bukan cuma namanya aja yang keren, tapi teknik pijatan Union Valley ini juga punya efek yang luar biasa. Letaknya di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jenis pijatan untuk sakit kepala di titik ini dipercaya dapat meredakan ketegangan otot yang biasa merambat di sekitar kepala dan leher. Biasanya, otot yang tegang memiliki kontribusi terhadap sakit kepala (1). Cara memijatnya juga cukup mudah (1,2):
    • Beri tekanan yang agak kuat (dengan jari telunjuk dan ibu jari, seperti mencubit) di antara ibu jari dan jari telunjuk di bagian tangan yang lain. Lakukan pijatan ini minimal selama 10 detik.

    • Selanjutnya, buat pijatan berbentuk melingkar dengan ibu jari di bagian Union Valley ini ke satu arah dan kemudian ke arah lain. Terapkan juga selama 10 detik.

    • Jangan lupa napas loh, ambil napas dalam secara perlahan biar rileks.

    • Ulangi gerakan yang sama pada tangan kanan.

    • Dengan mengulangi gerakan memijat pada titik ini, dapat membantu mengurangi sakit kepala tegang, sakit leher dan bahkan stress (2)

  2. Drilling Bamboo
    Drilling bamboo terletak di antara kedua titik pangkal hidung dan mata. Lebih tepatnya, titik ini terletak dekat dengan ujung alis. Pijatan untuk sakit kepala yang satu ini cocok untuk meredakan sakit kepala bagian depan, migrain, dan sakit kepala karena mata lelah atau sinusitis (1):
    • Gunakan kedua jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat, fokuskan pada kedua titik sekaligus. Tekan area ini minimal selama 10 detik.
    • Lepaskan secara perlahan, lalu ulangi lagi sampai gejala sakit mereda.
  3. Third eye
    Meskipun namanya Third Eye, bukan berarti pijatan ini bisa membantu untuk membuka mata ketiga atau mata batinmu ya. Sekilas memang mirip dengan Drilling Bamboo, namun titik Third Eye ini terletak di antara kedua alis. Teknik pijatan ini boleh dicoba untuk kamu yang sering merasakan migrain atau sakit kepala, terutama karena terlalu lama ngabuburit sambil menatap layar komputer maupun handphone. Caranya (1):
    • Tekan titik ini dengan ibu jari dan telunjuk kananmu selama 1 menit.
    • Setelah 1 menit, coba lepaskan tekanan di area Third Eye secara perlahan.
    • Lakukan secara berulang sampai rasa sakit berhasil mereda.
  4. Gates of Consciousness
    Gates of Consciousness terletak di bagian belakang leher, tepatnya di pangkal kepala antara leher. Pijatan pada titik ini bisa meringankan sakit kepala karena otot leher yang tegang setelah seharian beraktivitas. Pijatan ini dapat dilakukan dengan cara (1):
    • Gunakan jari telunjuk dan jari tengah di kedua tanganmu untuk memijat titik ini
    • Tekan dengan kuat ke arah atas pada kedua sisi sekaligus.
    • Lakukan pijatan untuk sakit kepala ini selama 10 detik
    • Lepaskan dan kembali ulangi gerakan tersebut.
  5. Shoulder Well
    Shoulder Well terletak di tepi pundak, di antara titik bahu dan pangkal lehermu. Menerapkan pijatan yang agak kuat pada titik Shoulder Well dapat membantu mengurangi sakit kepala, rasa lelah dan sakit pada leher serta bahu. Kurang lebih, begini anjuran pijatan yang direkomendasikan:
    • Buat pijatan melingkar dengan menggunakan ibu jari ke titik ini selama 1 menit.
    • Setelah itu, bergantian lakukan dengan melakukan pijatan di sisi bahu yang lain.

Maksimalkan pijatan refleksi untuk meredakan sakit kepala saat berpuasa

Secara umum, berbagai pijatan untuk sakit kepala di atas dapat berjalan lebih lancar apabila kamu juga mengikuti tips di bawah ini:

  • Melakukan pijatan untuk sakit kepala bisa dilakukan dalam keadaan duduk atau berdiri, yang penting cukup nyaman untukmu (1).
  • Tarik napas dalam-dalam agar ritme tubuhmu juga menjadi lebih santai (1,2).
  • Saat memijat juga bisa dilakukan sambil mendengarkan musik agar otak lebih rileks (3).
  • Berhenti meneruskan pijatan apabila sakit yang kamu rasakan justru semakin parah atau bahkan menimbulkan rasa sakit yang baru.

Manfaat Pijatan untuk Sakit Kepala Saat Berpuasa

  1. Meredakan otot yang tegang: Titik pijat yang ada dalam daftar di atas merupakan bagian-bagian tubuh yang sensitif terhadap tekanan. Kalau titik-titik ini disentuh atau dipijat, tekanan tersebut dapat memperlancar sirkulasi darah. Efeknya, tubuhmu jadi lebih tenang dan dapat meringankan rasa sakit di kepala (3).
  2. Dapat menstabilkan emosi: Agar puasa lancar, tentunya kamu juga berusaha untuk menahan amarah. Nah, cara pijatan tadi bisa menurunkan emosi yang sudah mendarah daging. Bukan hanya itu, pijatan yang rileks juga bisa mengurangi rasa cemas dan gejala depresi pada kamu yang sering anxious (2,3)

Kamu bisa memanfaatkan memijat titik-titik di atas saat sakit kepala di bulan puasa. Kamu juga bisa segera konsumsi obat pereda sakit kepala yang mengandung kombinasi parasetamol serta kafein saat berbuka puasa atau di waktu sahur yang cepat redakan sakit kepala gak pake lama. Bila setelah 5 hari rasa sakit tidak berkurang, segera periksakan diri ke dokter, ya!

CH-20220418-06

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi :
  1. Erica Cirino. The Best Pressure Points to Treat Headaches. Healthline. Diakses pada 31 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-headaches 
  2. Crystal Raypole. 6 Pressure Points for Anxiety Relief. Healthline. Diakses pada 1 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-anxiety
  3. Kirsten Nunez. How to Ease Pain with Self-Massage. Healthline. Diakses pada 1 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/self-massage