9 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang, Gak Pake Lama!

Mengatasi sakit kepala tegang (tension headache) memang susah-susah gampang, karena penyebabnya cukup bervariasi. Jika terus-menerus dibiarkan, sakit kepala justru bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, karena info di bawah ini akan membantumu untuk mencari tahu pemicu dari jenis sakit kepala tension yang seringkali menyerang di bagian dahi, sisi kepala hingga membuat otot tubuh menjadi tegang seperti leher dan bahu (1)

Sakit Kepala Belakang Menggangu? Cek Penyebabnya dan Cara Mengatasinya | Saridon

Jenis-Jenis Sakit Kepala Tension

Sakit kepala tegang atau tension headache biasanya terasa mulai dari dahi dan kedua sisi kepala. Selain itu, biasanya bagian leher, rahang, atau bahu juga terasa pegal-pegal, tegang atau kaku (1). Gejala sakit kepala tegang dibagi menjadi 2 kategori yang meliputi (2):

  • Sakit kepala tegang episodik. Sakit kepala tegang  tipe episodik biasanya berlangsung sekitar 30 menit selama 7 hari. Sakit kepala jenis ini sering terjadi kurang dari 15 hari dalam sebulan. Sakit kepala tipe tegang episodik yang memiliki frekuensi lebih maka akan berubah menjadi sakit kepala tegang kronis.
  • Sakit kepala tegang kronis. Jenis sakit kepala tipe tegang ini berlangsung berjam-jam dan mungkin terus menerus. Jika sakit kepala tegang yang kamu rasakan berlangsung lebih dari 15 hari dalam sebulan selama 3 bulan, maka sakit kepala tersebut sudah tergolong kronis.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang 

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai cara mengatasi sakit kepala tegang kronis, yaitu:

  1. Membatasi asupan gula dan alkohol:  Berbeda dengan kafein yang ada di obat sakit kepala, zat kafein yang ada di dalam minuman seperti kopi justru dapat menimbulkan sakit kepala. Hindari juga minuman minuman ringan yang mengandung tinggi gula, teh dan alkohol karena dapat memicu sakit kepala (1).
  2. Mengurangi rokok: Bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari saja, namun ada juga kegiatan yang bisa memicu sakit kepala (3). Salah satunya adalah merokok, oleh karena itu sebaiknya hindari kebiasaan tersebut sebab bisa menjadi pemicu sakit kepala tegang (1,4)
  3. Ubah kebiasaan saat tidur: Coba perhatikan, apakah sakit kepala tegang sering terjadi saat bangun tidur? Jika iya, cek kembali apakah kamu kurang tidur. Pasalnya, kurang tidur bisa memicu jenis sakit kepala tension, jadi pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup (3) namun jangan sampai terlalu banyak tidur (4).
  4. Minum banyak air putih: Minum banyak air juga bisa membantu mengatasi sakit kepala tegang kronis (4). Pasalnya, kalau kamu kurang minum dan mengalami dehidrasi, kamu bisa terkena sakit kepala tegang (3). Selain minum air putih, konsumsi air juga bisa diperoleh dari makan makanan yang mengandung  air seperti buah dan sayuran (1).
  5. Mengelola stress: Selain kebiasaan di atas, salah satu cara untuk membantu mengatasi sakit kepala tegang kronis adalah dengan menurunkan tingkat stress. Stress bisa dikurangi dengan memulai merencanakan jadwal untuk beberapa hari ke depan atau dengan meluangkan waktu untuk bersantai (4).
  6. Memijat kepala: Pijatan terbukti dapat membantu mengurangi stress dan meredakan ketegangan pada tubuh kita. Memijat cukup efektif untuk merilekskan kembali otot-otot yang tegang di bagian belakang kepala, leher, bahu, termasuk juga meredakan jenis sakit kepala tension (4).
  7. Hindari sinar matahari yang terik: Faktanya, sakit kepala lebih sering terjadi ketika musim panas. Hal ini disebabkan karena pada saat cuaca panas, peluang seseorang mengalami dehidrasi, terpapar polusi, bahkan kelelahan akibat cuaca yang panas lebih besar dibandingkan pada musim lainnya (5).
  8. Istirahat di ruangan gelap: Sebagian pengidap sakit kepala tegang kronis memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya seperti sinar matahari (5). Oleh karena itu, cobalah untuk beristirahat di ruangan yang lebih gelap dan lakukan kegiatan yang membantumu lebih rileks, seperti berlatih pernapasan, yoga, atau meditasi melalui buku, video, atau aplikasi (2)
  9. Konsumsi obat pereda sakit kepala: Saat ini sudah ada banyak obat yang dijual bebas di apotik untuk mengurangi nyeri di bagian kepala (2). Bagi kamu yang membutuhkan penanganan sakit kepala tegang dengan cepat, meminum obat pereda sakit kepala bisa menjadi cara paling mudah dan efektif. Ketika sakit kepala tegang menyerang minumlah obat dengan kandungan parasetamol dan kafein untuk cepat redakan sakit kepala, gak pake lama! 

Jika kamu sudah terkena jenis sakit kepala tension, jangan panik. Lakukan berbagai metode di atas sebagai cara untuk mengatasi sakit kepala tegang. Jika sakit kepala menyerang, minum obat dengan kandungan parasetamol dan kafein untuk cepat redakan sakit kepala, , gak pake lama!
 

CH-20220812-30

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi :
  1. Arefa Cassoobhoy. Tension Headaches. Web MD. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://www.webmd.com/migraines-headaches/features/tension-headache-explain.
  2. Mayo Clinic Team. Tension Headache. Mayo Clinic. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/symptoms-causes/syc-20353977.
  3. Valencia Higuera & Lia Tabackman. Tension Headaches. Healthline. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://www.healthline.com/health/tension-headache.
  4. Mayo Clinic Team. Tension Headache. Mayo Clinic. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982.
  5. Kathryn Watson. What You Need to Know About Heat-Induced Headaches and Migraines. Healthline. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://www.healthline.com/health/heat-headache.