Tips Atasi Sakit Kepala Berat Saat Bekerja

Sakit Kepala Berat Saat Bekerja? Simak Tips Relaksasi Berikut

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Bahkan ketika berada di kantor dengan setumpuk pekerjaan, nyeri yang mengganggu ini dapat tiba-tiba muncul dan mengakibatkan susah fokus. Sakit kepala berat yang muncul secara mendadak bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya saja stress atau tekanan pikiran ketika bekerja, posisi tubuh yang salah dan sama dalam waktu lama sehingga membuat otot leher dan pundak kaku, kurang air putih, dan faktor cuaca terutama bagi pekerja luar ruangan1,2

Dengan penyebab yang berbeda-beda, rasa sakit yang dirasakan bisa jadi tidak sama pula mengingat ada beberapa jenis pusing yang bisa menyerang, mulai dari migrain, tension headache, sakit kepala berdenyut hingga sakit kepala di bagian tertentu. Saat mengalami salah satu jenis sakit kepala tersebut, jangan langsung panik atau terburu-buru kembali ke rumah. Ada beberapa tips relaksasi yang bisa dicoba supaya pusing segera reda dan dalam waktu singkat bisa kembali lagi bekerja seperti biasa. Berikut adalah cara cepat mengatasi sakit kepala berat di tempat kerja:

Sakit Kepala Berat Saat Bekerja Simak Tips Relaksasi Berikut | Saridon

1. Duduk dan Minum Air Putih

Ketika sakit kepala berat datang secara tiba-tiba dan membuat tidak bisa berpikir apalagi fokus bekerja, ambil waktu sebentar untuk duduk dengan nyaman dalam kondisi tempat teduh atau sejuk. Kemudian, minumlah air putih walaupun mungkin tidak sedang haus. Studi menyebutkan air putih memang tidak bisa menghilangkan sakit kepala dalam sekejap. Namun, menghidrasi tubuh dengan air dapat membuat pusing terasa lebih ringan dan penderitanya merasa lebih baik karena tubuhnya menjadi segar. Tapi ingat, ketika sakit kepala hindari minum air dingin atau es apalagi sehabis terpapar panas matahari di luar ruangan. Perbedaan suhu yang ekstrem seperti ini malah akan membuat tubuh “kaget” dan pusing kian menjadi-jadi1,2.

2. Lepaskan Perlengkapan yang Menempel di Kepala

Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan pekerjanya memakai peralatan atau pelindung kepala. Tentu saja hal ini baik untuk keselamatan kerja, tapi jika dipakai terlalu lama dan dalam kondisi ketat hal ini akan menjadi penyebab sakit kepala yang dirasakan. Jika mulai terasa pusing, cobalah melonggarkan atau melepaskan semua benda yang ada di sekitar kepala dan leher, baik itu ikat kepala, helm, headlamp, topi atau bahkan kunciran rambut yang ketat. Dengan melepaskan semua tekanan tersebut secara berangsur-angsur nyeri di kepala akan lebih ringan2.

3. Lakukan PIjatan di Titik Tertentu

Bukan rahasia lagi bila pijatan dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku, yang menjadi penyebab sakit kepala berat. Tapi tentu saja bukan sembarang area tubuh yang dipijit karena ada beberapa titik saraf yang peka dan akan bereaksi ketika diberikan tekanan lembut. Beberapa titik tersebut adalah titik diantara alis, di tulang hidung, leher, kepala bagian bawah serta area rahang. Beberapa titik di telapak tangan juga bisa dipijat seperti diantara jempol dan telunjuk. Ketika memijat, pastikan bahwa tekanan yang diberikan lembut dan tidak menyakitkan terlepas dari seberapa sakit kepala yang dirasakan. PIjatan yang lembut akan merelaksasi sedangkan tekanan yang kelewat kuat justru akan nyeri menjad-jadi2,3.

4. Meditasi dan Atur Pernapasan

Salah satu teknik relaksasi yang paling tua namun tetap banyak dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran lebih santai adalah dengan meditasi yang melibatkan pengaturan nafas, relaksasi pikiran dan fokus. Tidak perlu melakukan yoga dulu supaya bisa bermeditasi. Saat pusing melanda di tengah jam kerja, menyepilah sebentar, kemudian duduk dengan nyaman dan atur nafas. Tarik nafas, hembuskan, dan rasakan aliran darah mengalir dari kepala hingga ujung kaki. Latihan fokus seperti ini dapat membantu meredakan nyeri di kepala dengan cepat. Di samping itu, setidaknya dengan mengambil sedikit waktu untuk beristirahat begini otot tubuh yang kaku dan tegang bisa dilemaskan2,3.

5. Mengonsumsi Minuman Kafein

Jika berbagai cara di atas masih belum bisa meredakan nyeri kepala yang dirasakan, kenapa tidak mencoba untuk minum kafeini? Secara alami kafein mengandung zat yang disebut-sebut bisa membantu meringankan tension headache dan juga migrain. Kalau bukan penggemar kopi, asupan kafein bisa juga didapatkan dari teh dan juga soda. Studi menyebutkan bahwa kafein bekerja dengan melemaskan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan ketegangan penyebab pusing bisa terurai3. Satu hal yang perlu diingat, akan lebih baik kopi, teh atau soda tersebut dikonsumsi tanpa tambahan gula berlebihan mengingat asupan glukosa yang tinggi dapat memicu pusing yang berkelanjutan.

Jika sakit kepala menyerang, minum obat pereda nyeri yang memiliki kandungan kombinasi parasetamol dan juga kafein. Parasetamol dikenal sebagai pereda nyeri dan demam, sedangkan kafein mampu meningkatkan kemampuan parasetamol supaya bekerja cepat dan efektif sehingga meredakan sakit kepala gak pake lama. Baca aturan pakai dan jika gejala masih dirasakan dalam 5 hari, segera hubungi dokter.

Referensi :
  1. 18 Remedies to Get Rid of Headaches Naturally. Diakses pada 18 Juni 2021 dari https://www.healthline.com/nutrition/headache-remedies
  2. Try These 9 Simple Headache Hacks for Fast Relieve. Diakses pada 18 Juni 2021 dari https://www.healthline.com/health/headache-hacks#TOC_TITLE_HDR_1
  3. How to Get Rid of a Headache. Diakses pada 18 Juni 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/323992#_noHeaderPrefixedContent