Hati-Hati, Sering Main Game di HP Bisa Jadi Pemicu Sakit Kepala

Hati-Hati, Sering Main Game di HP Bisa Jadi Pemicu Sakit Kepala

Bermain game online lewat ponsel memang seru dan mengasyikkan apalagi jika dilakukan setelah bekerja. Saking asyiknya, terkadang waktu yang berjam-jam lewat begitu saja hingga melebihi waktu screen time yang disarankan, yaitu sekitar 2 jam (1). Meskipun kelihatannya sepele namun terlalu lama menatap layar ponsel ketika main game online ternyata memberikan efek yang buruk pada penglihatan dan juga mengakibatkan rasa sakit kepala yang disebut sebagai screen headache. Terlalu lama menatap layar ponsel merupakan pemicu sakit kepala yang berdenyut dan tajam (2)

Sakit Kepala Belakang Menggangu? Cek Penyebabnya dan Cara Mengatasinya -  Wanita Sakit Kepala

Rasa nyeri ini biasanya dirasakan baik di belakang mata karena otot mata yang lelah dan terlalu lama terpapar radiasi layar (eye strain), otot leher dan bawah kepala yang kaku (tension headache) akibat postur tubuh yang tidak tepat atau berdiam dalam posisi tertentu terlalu lama, dan juga migrain yang menyiksa (1,2). Beberapa gejala sakit kepala karena terlalu lama menatap layar juga ditunjukkan dengan pandangan yang buram, mata lebih peka terhadap cahaya, dan mata kering (1). Segala nyeri dan ketidaknyamanan ini tidak boleh diremehkan karena bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan.

Kabar baiknya adalah screen headache sebenarnya bisa dicegah dengan menyiasati waktu dan juga cara pemakaian ponsel ketika bermain game online sehingga mata tidak lelah, tubuh tidak tegang dan pusing kepala enggan menyerang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyiasati screen time supaya tidak menjadi pemicu sakit kepala berlebihan dan mengakibatkan efek kesehatan yang mengganggu:

Terapkan Rumus 20-20-20

Pada dasarnya, mata yang lelah dan kepala pusing karena terlalu lama menatap layar ponsel sama dengan menonton TV. Artinya, rumus istirahat yang bisa diterapkan juga sama sehingga toto mata dan leher tidak tegang dan mengakibatkan berbagai jenis sakit kepala. 20-20-20 merupakan kombinasi kegiatan istirahat yang pas untuk relaksasi ketika bermain game online di ponsel. 20-20-20 diterjemahkan sebagai setiap 20 menit bermain game dan menatap layar secara intens, ambil waktu 20 detik memalingkan pandangan untuk melihat benda lain sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter. Cara ini diklaim efektif untuk membuat mata beristirahat sejenak dari ketegangan dan juga paparan cahaya layar (3).

Sesuaikan Pencahayaan Ruangan

Salah satu penyebab mata lelah dan tegang adalah cahaya ruangan yang kurang baik ketika sedang bermain game online. Cahaya yang kurang baik ini tidak selalu terlalu gelap atau terang karena keduanya memberikan efek yang kurang baik bagi penglihatan. Ketika lingkungan sekitar terlalu gelap maka mata akan cenderung melotot yang secara tidak langsung membuat otot mata menegang. Sebaliknya, cahaya ruangan yang terlalu terang membuat mata memicing yang menjadikan otot di wajah dan sekitarnya menegang. Belum lagi saat cahaya kurang sesuai, misalnya terlalu gelap, ada kecenderungan untuk mendekatkan wajah ke layar dan tetap demikian dalam waktu lama sehingga otot leher menjadi kaku. Semua akibat inilah yang menyebabkan pengaturan pencahayaan perlu diperhatikan, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang (3).

Gunakan Kacamata Khusus

Jika memang bermain game online selama berjam-jam menjadi sebuah kebutuhan yang sulit dihentikan, setidaknya jangan biarkan mata terpapar cahaya layar tanpa perlindungan apapun mengingat otot mata yang tegang akan menimbulkan sakit kepala juga. Menggunakan kacamata antiradiasi dengan lensa khusus yang dapat memfilter paparan sinar biru dari layar bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Dengan mengenakan kacamata ini selama bermain game, selain mata lebih terlindungi, postur tubuh secara otomatis akan lebih baik karena tidak harus memajukan wajah demi melihat layar dengan lebih jelas. Kacamata khusus antiradiasi memang harganya lebih mahal daripada kacamata biasa, namun tidak ada salahnya untuk membelinya demi menghindari mata lelah dan pusing kepala (2).

Letakkan Ponsel dan Istirahat

Kesadaran dan kontrol diri sebenarnya adalah kunci utama untuk bisa terhindar dari screen headache. Jika memang sudah bermain semalam suntuk apalagi dengan pencahayaan yang buruk, sadarilah bahwa waktu istirahat diperlukan bukan hanya untuk mengistirahatkan mata, namun juga melemaskan otot tubuh yang dipaksa tegang sepanjang malam dengan posisi yang relatif tidak berubah. Walaupun rasanya sulit untuk beranjak dan mematikan ponsel, ingat bahwa resiko yang diberikan lebih besar daripada kesenangan bermain game. Dengan pengendalian diri yang baik semacam ini, mata dan tubuh bisa mendapat waktu rehat yang dibutuhkan sehingga tidak stres atau terlalu tegang (2,3).

Namun demikian, jika sakit kepala terlanjur melanda, langsung mematikan ponsel dan tidur tidak akan membantu. Yang bisa meredakan nyeri tersebut adalah meminum obat pereda nyeri yang mengandung kombinasi parasetamol dan kafein yang bekerja secara aktif meningkatkan resistensi ujung saraf terhadap rasa sakit dalam waktu singkat. Hasilnya, sakit kepala akibat terlalu lama bermain game online akan berangsur menghilang dan Anda bisa berkegiatan seperti biasa tanpa terganggu. Tapi bila sakit kepala menyerang , minum obat sakit kepala sesuai aturan pakai dan jika gejala tidak berkurang dalam 5 hari, segera hubungi dokter.

LMR-CH-20210727-57

Referensi :
  1. Screen Headaches and Migraine, diakses pada 17 juni 2021 dari https://www.healthline.com/health/migraine/screen-headache#prevention
  2. Is Excess Screen Time Causing Your Headache?, diakses pada 17 Juni 2021 dari https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/apr/is-extra-screen-time-causing-your-headaches/
  3. Screen-time is Causing Headaches, diakses pada 17 Juni 2021 dari https://www.familyzone.com/anz/families/blog/screen-time-is-causing-headaches