MENGENAL JENIS-JENIS SAKIT KEPALA

 

Mengenal Berbagai Jenis Sakit Kepala yang Mengganggu

Sakit kepala bisa menjengkelkan. Ketika sedang bekerja demi keluarga tercinta, kehadirannya mampu menghambat produktivitas. Namun, tak perlu khawatir lagi. Baca penyebab dan Solusi CEPAT terbebas dari rasa cenat-cenut yang mampu mengganggu harimu.

wanita sedang memegangi jidat karena sakit kepala
APA ITU SAKIT KEPALA?

Nyeri di kepala timbul ketika ujung saraf pada berbagai bagian di kepala dan leher mengalami iritasi. Sakit kepala terdiri dari berbagai jenis dan dapat dipicu oleh banyak hal. Berikut adalah contoh-contoh sakit kepala yang umum terjadi1. Sakit kepala tegang merupakan jenis nyeri kepala yang paling sering terjadi.2

  • Sakit kepala tegang (tension headache)
    • Terasa tekanan tumpul atau sesak di kedua sisi kepala atau leher
    • Dapat berlangsung sekitar 30 menit hingga seminggu
    • Memicu kelelahan pada sebagian orang
    • Penyebab pasti masih belum diketahui, tetapi kehadirannya berkaitan dengan stres
  • Sakit kepala sebelah (migrain)
    • Nyeri seperti berdenyut di salah satu atau kedua sisi kepala
    • Rasa sakit dari sedang sampai berat
    • Migrain dapat berlangsung 4-72 jam
    • Mampu memicu gejala lain, seperti mual, muntah, lebih sensitif terhadap cahaya dan suara
    • Faktor lingkungan dan genetik dapat memicu migrain, tetapi penyebab pasti masih belum diketahui hingga saat ini
    • Pemicu migrain meliputi stres, perubahan pola tidur, makanan dan zat pada makanan (pemanis buatan aspartam), jenis obat tertentu, dan perubahan hormon pada wanita
  • Sakit kepala cluster (cluster headache)
    • Menimbulkan nyeri hebat, menyengat yang timbul mendadak di area mata, seperti di belakang mata
    • Dapat muncul lebih sering dalam periode waktu tertentu dan berlangsung selama beberapa minggu hingga bulan
    • Setiap serangan sakit kepala dapat berlangsung selama 15 menit sampai 3 jam
    • Mampu menimbulkan gejala lain, seperti pilek, air mata, hidung tersumbat, dan kegelisahan
    • Penyebab pasti masih belum diketahui, tetapi kemungkinan berkaitan dengan gangguan fungsi bagian otak yang mengendalikan sistem endokrin dan saraf (hipotalamus)
    • Tidak ada pemicu yang telah diketahui secara pasti, tetapi mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan sakit kepala cluster lebih buruk

 

"Tetap positif jalani hari-hari tanpa gangguan sakit kepala."

 

HAL YANG DAPAT KAMU LAKUKAN

Mulai langkah bebas dari sakit kepala dengan mencari tahu jenis nyeri kepala yang dialami. Konsultasi dengan dokter agar dapat dievaluasi karena nyeri dapat didasari oleh penyakit yang lebih serius. 

ikon tablet saridon
Mengobati gejala sakit kepala tegang (tension headache)
Menggunakan obat sakit kepala yang dijual bebas, mengurangi gejala sakit kepala dengan cepat ketika dikonsumsi sesuai aturan pakai. Apabila nyeri di kepala tak kunjung reda, harap konsultasi dengan dokter, ya.
Ingin mengobati sakit kepala tanpa obat-obatan?

Orang yang mengalami sakit kepala dapat mengobati dan mencegah sakit kepala dengan berbagai macam hal. Pertama, mencoba mengatur jadwal tidur lebih baik. Jangan tidur terlalu lama atau terlalu sedikit.

Selain itu, sempatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga membantu tubuh menjadi lebih santai dan sehat sehingga kamu tetap dapat bekerja untuk keluarga.

Ketika sakit kepala menyerang, coba tarik napas dalam-dalam. Teknik relaksasi ini dapat membantu pikiran lebih tenang di tengah sakit yang melanda.

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:
  1. Diunduh dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/headache-disorders , diakses pada Juli 2020
  2. Diunduh dari http://www.yankes.kemkes.go.id/read-tension-headache--sakit-kepala-tipe-tegang-5888.html diakses pada Juli 2020

TIPS MUDAH YANG BISA KAMU COBA

Kenali jenis sakit kepala

Tips 1 dari 3

Konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu gejala sakit kepala apa yang sering dialami dan rencana pengobatan yang tepat untuk menguranginya. Kamu dapat mencatat waktu dan pola sakit kepala muncul, apa yang mungkin jadi pemicu, dan hal yang membantu mengurangi gejala. Informasi yang dicatat dapat digunakan oleh dokter dalam menentukan jenis sakit kepala yang sering dialami.

TIPS MUDAH YANG BISA KAMU COBA

Mencegah sakit kepala

Tips 2 dari 3

Cara terbaik melawan sakit kepala adalah dengan meminimalisirnya. Ketika berkonsultasi dengan dokter, tanya hal-hal yang dapat dilakukan agar sakit kepala tidak berlangsung terus-menerus. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat diajukan ke dokter: Apakah olahraga atau gaya hidup yang lebih baik akan membantu? Apakah ada penyakit yang mendasari kondisi ini dan perlu diobati? Apakah ada obat yang mampu mencegah sakit kepala?

TIPS MUDAH YANG BISA KAMU COBA

Tarik napas yang dalam

Tips 3 dari 3 

Mengatur pernapasan dapat membantu ketika kamu sedang mengalami sakit kepala yang begitu hebat. Di tempat yang nyaman, tutup mata Anda dan coba membayangkan hal yang membuat nyaman, seperti senyum keluarga Anda sembari melupakan ketegangan atau kegelisahan di hari Anda. Lanjutkan dengan bernapas seperti biasa. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dengan pelan melalui hidung, hingga dada dan perut mulai naik karena paru-paru yang terisi udara, kemudian hembuskan napas melalui mulut atau hidung. Ulangi selama beberapa menit, ya.