Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala | Saridon

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan sensasi nyeri di bagian kepala dan sekitarnya yang kerap dialami banyak orang. Meskipun umum terjadi, kondisi ini tetap saja mengganggu sehingga solusi cepat dan tepat sangat diharapkan supaya sakit di kepala bisa segera menghilang. Namun sebelum mengetahui cara meredakan sakit kepala, perlu diingat bahwa pada kondisi tertentu bantuan dokter sangat dibutuhkan, misalnya saja jika sakit kepala sampai mengganggu aktivitas. Dokter akan menanyakan beberapa hal terkait sakit kepala tersebut, termasuk lokasi, intensitas dan karakteristik sakitnya agar bisa memberikan penanganan yang tepat. Bila bukan merupakan masalah serius, maka nyeri bisa diatasi sendiri dengan banyak metode. Namun, jika dalam 5 hari rasa sakit tidak berkurang, segera hubungi dokter 

Cara menghilangkan sakit kepala sendiri ada berbagai macam, mulai dari mengonsumsi obat pereda nyeri kepala hingga memperbaiki pola hidup agar lebih sehat. Di antara sekian banyak cara yang sering dicoba, berikut adalah beberapa diantaranya:

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala - Ayu Ting Ting

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa keseimbangan kadar air dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan. Itulah sebabnya ketika kekurangan cairan atau dehidrasi, sakit kepala akan mulai menyerang. Menjaga tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih adalah cara menghilangkan sakit kepala berdenyut yang paling sederhana. Selain menyembuhkan rasa pusing kebiasaan sehat ini juga mencegah sakit kepala datang kembali di kemudian hari.

Kompres Kepala dengan Air Es

Air es dan air dingin sering digunakan sebagai pertolongan pertama ketika kepala terasa pusing dan nyeri. Tempatkanlah kantong kecil berisi es batu atau waslap yang sudah direndam dalam air dingin di kepala ataupun dahi. Kompres dingin bekerja dengan cara menghambat pelepasan zat kimia perangsang peradangan yang bergerak ke kepala sehingga rasa nyeri akan berangsur menghilang.

Namun, tidak disarankan untuk membasuh kepala secara langsung dengan air dingin sebab dapat mengakibatkan tubuh “terkejut” karena perubahan suhu yang mendadak dan justru menimbulkan rasa nyeri yang lebih menyiksa.

Gunakan Heat Pad

Salah satu penyebab sakit kepala yang sering terjadi adalah kekakuan otot leher atau belakang kepala akibat aktivitas yang padat maupun postur tubuh yang salah. Heat pad atau kompres hangat dapat membantu membuat otot di daerah sekitar kepala lebih santai dan rileks. Mengompres bagian tersebut dengan heat pad adalah cara menghilangkan sakit kepala belakang yang ampuh. Jika tidak memiliki bantalan ini, handuk yang direndam dengan air hangat juga bisa membantu meredakan rasa sakit kepala tersebut.

Selain menggunakan kompres hangat, mandi dan berendam dengan air hangat juga bisa membantu melemaskan otot yang tegang. Selain memberikan efek relaksasi, mandi air hangat juga membantu meringankan stres dan penat yang dirasakan setelah lelah beraktivitas seharian sehingga tubuh lebih segar dan sakit kepala perlahan menghilang. 

Longgarkan Tekanan di Daerah Kepala

Sakit kepala bukan hanya dipicu oleh metabolisme tubuh atau penyakit tertentu. Cara memperlakukan daerah kepala yang salah juga bisa menjadi penyebab dibalik rasa pusing yang berkepanjangan. Longgarkan segala tekanan di daerah kepala seperti ikatan rambut, pemakaian topi atau aksesoris yang lain hingga rasa sakit pada kepala mereda dengan sendirinya.

Jaga Pola Tidur Teratur

Kurang istirahat dan juga pola tidur yang tidak teratur membuat kepala sering terasa sakit akibat ritme sirkadian yang berantakan. Jika hal ini yang menjadi sebab sakit kepala yang diderita, menjaga pola tidur yang teratur akan menjadi cara menghilangkan pusing yang tepat. Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya supaya tubuh tidak merasa “kaget” dengan perubahan pola tidur yang tiba-tiba.

Istirahat di Tempat Redup

Paparan cahaya yang menyilaukan baik dari layar gadget maupun sinar matahari menjadi faktor kuat yang memicu terjadinya sakit kepala. Jika menghindarinya di waktu siang menjadi hal yang sulit, setidaknya mengistirahatkan mata ketika malam dengan cara tidur di tempat yang temaram bisa dilakukan. Tidur di tempat yang redup menjadikan mata lebih rileks sehingga tekanan di area mata dan juga kepala akan berkurang, dan rasa sakit di kepala perlahan menghilang.

Mengendalikan Stres

Banyak masalah kesehatan yang dipicu oleh stres, sakit kepala adalah salah satunya. Stres sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja tekanan pekerjaan, jadwal kegiatan yang berantakan hingga kondisi psikis yang sedang tidak baik. Itulah sebabnya stress manajemen perlu dikembangkan terutama oleh orang yang sering menderita nyeri kepala. Membuat agenda kegiatan harian atau bahkan menghindari situasi dan masalah yang membuat tertekan bisa menjadi alternatif solusi supaya stres tidak melanda dan sakit kepala enggan mendekat.

Konsumsi Kafein dalam Jumlah Kecil

Mengonsumsi kopi untuk meredakan sakit kepala bukanlah mitos belaka sebab kandungan kafein di dalamnya memang dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Bukan hanya pada kopi, secangkir teh hangat juga memiliki manfaat yang serupa. Namun ingat, mengonsumsi kafein sebagai cara menghilangkan pusing kepala harus dalam jumlah kecil agar tidak menimbulkan efek yang lain.

Lakukan Relaksasi Secara Rutin

Ketika sakit kepala yang dirasakan sering disebabkan oleh stres dan juga ketegangan pada otot, melakukan relaksasi secara rutin dapat membantu meredakan sakit kepala. Baik melalui meditasi, yoga atau olahraga ringan, relaksasi seperti ini memberikan efek peregangan yang membuat otot lebih lemas dan santai sehingga sakit kepala bisa berangsur membaik.

Memijat Kepala

Pijatan di daerah kepala, leher dan pundak dapat membantu meregangkan otot yang menjadi sumber sakit kepala. Gunakan telunjuk dan ibu jari untuk memberikan pijatan lembut di area kepala yang nyeri dan sekitarnya selama beberapa detik, kemudian ulangi lagi hingga sakit kepala yang dirasakan berkurang.

Mengubah Postur Tubuh

Postur tubuh yang salah menjadi penyebab lainnya dari sakit kepala yang sering menyerang. Duduk terlalu lama, banyak membungkuk dan cara berdiri yang tidak tepat memberikan tekanan pada otot di sekitar kepala, leher dan juga punggung atas yang memicu rasa sakit di bagian dasar tengkorak. Mengubah postur tubuh yang tidak tepat ini akan menjadi cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan yang mudah dilakukan sehari-hari.

Minum Obat Pereda Sakit Kepala

Meminum obat sakit kepala OTC (Over the Counter) penghilang nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen adalah cara terakhir yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit kepala membandel jika metode non-obat di atas tidak bisa menjadi jalan keluar. Obat-obatan tersebut dapat dibeli bebas di apotek maupun toko obat tanpa harus memiliki resep dokter. Namun jika dalam 5 hari rasa sakit tidak berkurang, segera hubungi dokter.

Terapi Akupunktur

Ketika cara meredakan sakit kepala yang bisa dilakukan sendiri di rumah tidak membuah hasil yang signifikan, mencoba terapi akupunktur bisa menjadi alternatif yang layak dicoba. Terapis akupuntur mengetahui berbagai titik di tubuh yang dapat membuat otot lebih rileks dan meredakan nyeri di kepala. Penggunaan jarum selama sesi terapi mungkin mengakibatkan rasa tidak nyaman sehingga perlu komunikasi yang baik antara pasien dan terapis supaya proses pengobatan berjalan dengan lebih menyenangkan. Pastikan memilih terapis yang bersertifikat untuk memastikan legalitas praktiknya.

Berkonsultasi dengan Terapis

Sebelumnya telah disebutkan bahwa sakit kepala bisa dipicu oleh stres atau depresi yang berlarut-larut. Perasaan sedih dan tertekan bisa merangsang produksi hormon tertentu yang mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga nyeri kerap mendatangi. Jika managemen stres yang dilakukan secara mandiri tidak cukup membantu, ada baiknya menghubungi psikolog, psikiater atau terapis untuk membicarakan hal tersebut. Meskipun mungkin tidak bisa menghilangkan sakitnya secara langsung, namun sesi konsultasi biasanya bisa membantu pasien mengelola stresnya dengan lebih baik sehingga nyeri pun dapat lebih terkontrol.

Bergabung dengan Sebuah Komunitas

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit kepala. Ada banyak pula cara dan metode terbaru yang bisa membantu mengatasinya. Hal seperti ini merupakan informasi berharga terutama jika sakit kepala sangat sering menyerang. Agar tidak merasa sendiri, bergabung ke komunitas terkait dengan kondisi kesehatan dapat menjadi opsi yang patut dicoba. Para anggota di komunitas ini bisa saling bertukar informasi seputar penelitian terkini, dokter terbaik maupun obat-obatan yang efektif menghilangkan sakit kepala. Selain mendapatkan informasi, dukungan moral juga menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh perkumpulan tersebut sebab setiap anggota mampu memahami rasa nyeri yang dirasakan anggota lainnya sehingga semangat akan lebih terjaga.

L.ID.MKT.CC.05.2021.1652

Referensi :
  1. Diunduh dari https://www.webmd.com/migraines-headaches/5-ways-to-get-rid-of-headache diakses pada April 2021
  2. Diunduh dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982 Diakses pada April 2021
  3. How to Get Rid of Headache Fast. Diunduh dari https://www.everydayhealth.com/headache-migraine/fast-headache-relief.aspx. Diakses pada  April 2021