Ini Dia Fungsi Parasetamol dan Kombinasi Kafein untuk Redakan Sakit Kepala

Parasetamol sering digunakan untuk meredakan demam dan rasa sakit kepala karena fungsinya sebagai pain killer atau pereda nyeri. Mekanisme kerja parasetamol adalah dengan mengurangi produksi zat peradangan dalam tubuh, prostaglandin, sehingga tanda peradangan seperti demam serta nyeri akan berkurang. Sebagai obat bebas parasetamol bisa dibeli tanpa resep dokter untuk menghilangkan sakit kepala. Namun demikian, ada aturan dosis pemakaian yang harus dipatuhi supaya kerja obat lebih efektif dan tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu. Berikut adalah cara tepat memberikan parasetamol saat sakit kepala :

Mengenal Fungsi dan Efek Parasetamol | Saridon

Kombinasi Analgesik Parasetamol dan Kafein

Untuk mendapatkan keefektifan yang sama, Parasetamol tanpa Kafein membutuhkan dosis 70% lebih besar daripada Parasetamol yang diberikan bersama Kafein.

Berdasarkan studi ditemukan bahwa penambahan Kafein pada tablet Parasetamol, dapat meningkatkan potensi penyerapan analgesik parasetamol untuk meredakan sakit kepala. Kafein sendiri memiliki fungsi yang membantu mengurangi peradangan, rasa nyeri dan menjadi formulai efektif yang cepat untuk meredakan sakit kepala hingga 40%. 

Aturan Pakai Parasetamol

Parasetamol tersedia dalam beberapa bentuk yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, meliputi tablet, kaplet, sirup,dan drop. Parasetamol tablet dan kaplet diminum dengan cara ditelan ataupun dikunyah sesuai dengan petunjuk dokter.

Dosis Parasetamol

Dosis yang disarankan untuk digunakan adalah 750 mg - 1000 mg sehari dan untuk Kafein 150 mg - 200 mg sehari (internal resources). Berikut dosis pemakaian yang disarankan adalah:

  • Dosis parasetamol untuk nyeri pada orang dewasa 1 dosis 250 mg Parasetamol 3-4 kali sehari
  • Dosis parasetamol untuk nyeri pada orang anak-anak 1/2 s/d 1 250 mg Dosis Parasetamol 3-4 kali sehari
  • Dosis Kafein untuk nyeri pada orang dewasa 1 dosis 50 mg Parasetamol 3-4 sehari
  • Dosis Kafein untuk nyeri pada orang anak-anak 1/2 s/d 1 50 mg Dosis Parasetamol 3-4 kali sehari
  • Dosis kombinasi Parasetamol dan Kafein pada orang dewasa 1 dosis Parasetamol 500 mg dan Kafein 50 mg 3 - 4 kali sehari Atau sesuai petunjuk dokter
  • Sebaiknya Parasetamol, kafein dan kombinasinya diminum setelah makan

Efek Samping dan Kontra Indikasi

Pemakaian parasetamol dalam dosis besar dan jangka lama dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati dan reaksi hipersensitivitas. Parasetamol juga memiliki kontraindikasi terhadap penderita gangguan fungsi hati yang berat dan penderita hipersensitif. 

Aturan Penyimpanan Obat yang Mengandung Parasetamol dan kafein

Parasetamol dan kafein merupakan obat pereda sakit kepala dan nyeri yang banyak digunakan oleh masyarakat luas sehingga hampir selalu ada di setiap rumah. Supaya tidak kehilangan manfaatnya, perhatikan dengan benar aturan penyimpanannya. Pastikan selalu membaca keterangan yang tertera pada label dan kemasan. Namun secara umum, Parasetamol sebaiknya disimpan pada dibawah suhu ruangan 30°C, jauh dari sinar matahari maupun tempat lembab. Jangan menyimpan obat ini di lemari es maupun kamar mandi. 

Sedangkan bila masa berlaku sudah habis atau kadaluwarsa, jangan membuangnya ke dalam toilet atau menyiramkannya pada tanaman. Untuk mengetahui cara pembuangan yang paling aman, konsultasikan kepada dokter atau apoteker. 

Apabila sakit kepala tidak kunjung membaik dengan Parasetamol dan Kafein setelah 5 hari segera hubungi dokter

L.ID.MKT.CC.05.2021.1652

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi :
  1. Diunduh dari https://www.drugs.com/drug-interactions/acetaminophen,paracetamol.html Diakses pada April 2021
  2. https://www.webmd.com/migraines-headaches/triggers-caffeine
  3. Sunshine Market Research. 2019.
  4. Zhang, Wei-Ya. 2001. A Benefit-Risk Assessment of Caffeine as an Analgesic Adjuvant. Review Article: Drug Safety 2001; 24 (15): 1127-11420114-5916/01/0015-1127/$22.00/0.
  5. Laska, Eugene M. 1984. Caffeine as an Analgesic Adjuvant. The Journal of the American Medical Association Vol 251, No 13.
  6. Renner, Bertold et al. 2007. Caffeine Accelerates Absorption and Enhances the Analgesic Effect of Acetaminophen. Journal of Clinical Pharmacology, 2007;47:715-726 the American College of Clinical Pharmacology
  7. Informasi Produk Saridon Extra. 2020